Senin, 30 Maret 2015

Wisata Kuliner di Sekitar Kota Probolinggo

Berburu Wisata Kuliner di sekitar Kota Probolinggo


Kini saya mau menulis sebuah artikel tentang rasa alias kuliner. Apakan anda salah satu dari para pembaca yang slalu berburu kuliner..??? ngomong tentang kuliner berarti tentang rasa dan selera. Lw sudah urusan selera dan rasa pastinya kalian semua memiliki selera yang berbeda beda. Apa lagi lw urusan selera cewek,. Hahaha pastinya kalian punya selera masing masing. Tapi yang kita bahas kaliini tentang wisata kuliner di Kota Probolinggo.  Kalau penasaran yuukk monggo kita simak bersama sama.

1. Untuk kali ini Saya bersama teman - teman mencoba untuk mencari makan siang. Karena cuaca pada saat tu panas kitan berencana untuk mencari makan soto. Di Probolinggo ada soto ayam langganan Bapak saya. Letaknya di Jl. WR. Supratman No. 61, selatan Klenteng Probolinggo. Sejalan dengan nasi campur Nyak Nyong dan Klenteng di Probolinggo, sehingga warung soto ini juga dikenal dengan nama Soto Klenteng.
Soto ayam ini sudah lama adanya. Sejak saya kecil soto ayam ini sudah ada, dan Bapak saya sering mengajak makan soto di sini.

Menurut informasi yang saya dengar, soto ayam ini berdiri sejak tahun 1960 didirikan oleh Bpk. Suana (Alm.). Dulunya Bpak Suana menjajakan sotonya dengan di pikul dari desa ke desa. Kini yang melanjutkan usaha soto ayamnya adalah Bapak Rahman, setelah Beliau meninggal. Nama yang digunakan warungu ini dalah nama bapak Rahman hingga sekarang. Namun warga sekitar lebih mengenal soto ini dengan nama Soto Ayam Pak Man atau Soto Ayam Klenteng.

Warung soto ini biasanya di buka sejak pukul 8 pagi sampai jam 1 siang. Namun terkadang sebelum jam 11 siang dagangannya sudah habis. Walau berada di kota Probolinggo, namun soto ini termasuk jenis soto Madura dengan isian irisan telur rebus, daging ayam, kol, taoge, dan kentang Madura kemudian disiram dengan kuah serta taburan bawang putih goreng, serbuk koyah dan daun seledri. Kentang Madura merupakan salah satu ciri khas soto Madura, Kentang madura dibuat dengan bahan singkong rebus yang di bulatkan. Untuk serbuk koyahnya terbuat dari kelapa parut yang disangrai dan dihaluskan, sehingga terasa gurih dari kelapa. Untuk dapat menikmati soto ini, kita cukup merogoh kocek sebesar 10ribu rupiah dengan porsi cukup banyak dan daging ayam yang melimpah

2. Naaahh kali ini saya akan mbahas kuliner yang patinya tidak asing lagi para pembaca blog. Kuliner yang satu ini memang bukan asli dari Kota Probolinggo. Tapi kota ini tidak kalah saing dengan asal asli kuliner ini. Hmmmm kuliner apasih yang bikin penasaran..??? Anda penasaran..?? samma. hehehe tu sih gaya uya kluya dan jeremi berbicara di acara salah satu stasiun televisi. kuliner ini berasal dari kota Sollo. pastinya anda sudah tau dongg apa nama kuliner ini?? "BAKSO".Di Kota Probolinggo banyak sekali warung bakso yang terkenal dan rasanya maknyuss.

  • 1. Bakso EDY yang letaknya di Jl.Soekarno - Hatta - Kota Prpbolinggo. Bakso EDY cuku terkenal di Kota Probolinggo terbukti dengan ramainya para pengunjung setiap harinya. Tidak hanya dari kalang biasa saja lhoo..dari kalangan artis juga banyak yang menyempatkan diri untuk mencicipi bakso disini. Biasanya setiap artis yang mampir disini diminta berfoto bersama dengan pemilik bakso Eddy dan kemudian dipasang di dinding ruangan warung bakso in
  • 2. Bakso Mantep yang letaknya di Jl. Gatot Subroto - Kota Probolinggo.Warung Bakso Mantep termasuk di dalam daftar warung bakso yang enak di kota Probolingo.Rasa bakso di sini sedikit berbeda dengan bakso yang lainnya, jika anda salah satu penikmat bakso pastinya anda merasakan perbedaan tu.Saat pentol Baksonya digigit terasa kenyal dan gurih sunggung Bakso yang tersa unik ketika di lidah. Seporsi bakso terdiri dari 1 bakso ati ukuran besar dan 5 bakso ukuran standar, ditambah soun, taburan seledri dan bawang merah goreng, disiram kuah panas. Pas banget dengan nama warungnya "MANTEP"
  • 3. Bakso Stasiun yang terletak di Jl.KH.Mansyur- Kota Probolinggo, belakang alun - alun Kota Probolinggo lebih tepatnya di pas di depan Stasiun Kota Probolinggo. Warung bakso ini punya cerita sendiri bagi saya. Teringat saat sama sang doi, karna letaknya yang berdekatan dengan alun alun - alun kota. Pas pacaran biasa sambil makan bakso stasiun.Bakso disini yang sering saya kunjungi Karna lokasi dan penataan ruangan yang terbuka. Jadi terasa nyaman kalau makan berduan.Hmmm jadi curhat nii..hehehe gpp lah sedit curhat di artikel.Rasa bakso di sini gak kalah nyaman dengan bakso yang telah di sebutkan di atas.Apalagi dengan pentol bakar dan pentol ususnya yang berarooma gurih.
  • 4. Dan banyak alagi bakso yang enak di Kota Probolinggo. 

3. Warung Bebek Bu Lely,

Berada di  alamat Jl.Hasyim Ashari – kota Probolinggo menu yang di jual di warung ini hanya bebek goreng dan ayam goreng. Di jamin halan.Katanya sih, ...Warung bebek goreng bu lely rasanya mak nyus deh sambel koreknya kalo sudah makan disana bakal ketagihan deh dijamin pasti besoknya pengen kembali lagi. Gak ada duanya se-Probolinggo kalo urusan bebek gorengnya. Testur dagingnya terasa empuk dan nyaman saat di gigit.  Di warung bebek  Bu Lely ini menyediakan dengan 2 jenis sambel. 1 sambel goreng dan 1nya sambel korek. Warung bebek Bu Lely juga membuka cabang, yang letaknya di Pertigaan Tongas arah jalan menuju Gunung Bromo. Dan dalam segi menu lebih berwarna.
 

0 komentar:

Posting Komentar